Wellcome! Selamat datang di SmallSecret-info

Thanks You have visited my 'simple, small' Blog. Hope You All enjoyed.
Terimakasih anda telah berkunjung. Saya sadari sepenuhnya bahwa Blog ini JAUUUUUUUUUH dari sempurna. Meski begitu Harapan saya semoga bisa berguna bagi saya, Anda dan semua... amin.
SmallSecret.

Rabu, 16 Maret 2011

Tips Merawat Baterai pada Notebook

TIPS MERAWAT BATERAI PADA NOTEBOOK (LAPTOP)
Fungsi Baterai pada notebook (laptop) memang vital. Sebagai mobile device baterai digunakan untuk menunjang pekerjaan di mana pun berada yang tidak selalu terkoneksi dengan sumber tegangan.
Untuk menjaga kelangsungan baterai notebook ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan :
1.   Life time (masa hidup) baterai notebook tergantung pada cara pemakaian Anda.  Yang perlu diperhatikan, jangan biarkan baterai benar-benar habis atau indikator menunjukkan 0%. Kalau tanda peringatan baterai melemah telah muncul, segera isi ulang sampai 100% (jangan nanggung). Bila Anda menggunakan baterai Ni-MH (Nikel Metal Hydrida), usahakan untuk mengosongkan baterai secara penuh setiap beberapa minggu atau sebulan sekali.
2.   Pastikan Anda memahami betul cara penggunaan, menyimpan dan men-charge baterai notebook sesuai yang tertulis pada buku manual.
3.   Jangan Pernah menggunakan Adaptor lain dari Adaptor yang telah disediakan notebook Anda. Sebab adaptor bawaan (yang disertakan dalam paket penjualan)  merupakan yang paling pas. Beberapa adaptor merk lain boleh jadi memang cocok dan bisa digunakan, tapi bila tidak dalam kondisi amat sangat terpaksa, jangan menggunakannya.
4.   Ketika menggunakan Laptop hindari meletakknya pada permukaan yang lunak/lembut seperti kasur, selimut, bantal, atau karpet. (ini nih yang biasa dilakukan banyak orang, biasanya sambil molor di atas kasur tanpa alas. Jangan dilakukan lagi ya? Cobalah di kasih alas dulu).
5.   Baterai yang digunakan dapat menjadi panas sekalipun dalam penggunaan normal dan tidak terlalu lama. Ini wajar saja, karenanya jangan meletakkan notebook pada pangkuan Anda. Panas!
6.   Cegah terjadinya kontak dudukan baterai yang longgar dengan beberapa jenis obyek dari metal, seperti klip, penjepit, kertas, atau kain tipis.
7.   Jangan letakkan notebook Anda di tempat yang sangat panas, misal di bawah terik matahari, didalam mobil yang diparkir cukup lama di area parkir terbuka saat siang hari.
8.    Jangan sampai baterai notebook (dan tentu saja notebooknya juga) terkena tekanan yang berlebihan seperti tertindih, terjatuh, terbentur, terjepit, atau pun tertumpuk oleh benda berat di atasnya. Hal tersebut akan mengakibatkan sirkuit di dalam baterai menjadi rentan konsleting yang kemudian berakibat overheating.
9.   Hindari tempat yang basah, terkena air. Selain dikhawatirkan konsleting juga akan membuat sirkuat notebook lama-lama berkarat.
10.                Bila kondisi menuntut untuk menggunakan notebook dalam jangka waktu lama , terus menerus, dan dalam ruangan yang mudah mendapatkan sumber daya listrik. Sebaiknya gunakan tegangan listrik (langsung) dengan cara setelah indikator baterai penuh, lepaslah baterai.

Semoga bermanfaat ya?
(dari berbagai sumber)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar