Wellcome! Selamat datang di SmallSecret-info

Thanks You have visited my 'simple, small' Blog. Hope You All enjoyed.
Terimakasih anda telah berkunjung. Saya sadari sepenuhnya bahwa Blog ini JAUUUUUUUUUH dari sempurna. Meski begitu Harapan saya semoga bisa berguna bagi saya, Anda dan semua... amin.
SmallSecret.

Rabu, 07 September 2011

Tumbuh Gigi Pertama pada Bayi

Tumbuh Gigi Pertama pada Bayi

Tumbuh gigi merupakan salah satu momen penting dalam kehidupan bayi. Di usia sekitar 6-7 bulan, si kecil yang semula anteng menggemaskan berubah menjadi rewel. Kalau semula ia senang bergurau sambil melontarkan pekikan gembiranya yang khas, kini hari-harinya lebih banyak diisi dengan rengekan dan kemanjaan. Suhu tubuhnya pun mendadak demam seolah tanpa sebab. Beberapa hari kemudian, di gusinya terlihat tonjolan warna putih sebesar butiran nasi. Barulah kita tahu, "Oh, kamu rupanya sedang tumbuh gigi ya, Sayang." 

Momen penting ini diawali dengan kemunculan 2 gigi seri rahang bawah yang menempati posisi paling depan/tengah. Kira-kira 1-1,5 bulan kemudian atau saat berusia sekitar 7,5 bulan muncul 2 lagi gigi seri paling depan, hanya kali ini pada rahang atas. Lalu di usia 9 bulanan, geligi bayi semakin lengkap dengan munculnya 2 pasang gigi seri berikutnya, yakni gigi seri yang posisinya tepat berada di sisi luar gigi seri yang sudah ada.
Sedangkan gigi geraham yang pertama kali tumbuh adalah gigi geraham bawah di usia 12 bulan. Sisanya, yakni gigi taring dan geraham kedua akan tumbuh di bulan-bulan berikutnya. 

SELALU MUNCUL BERPASANGAN!!
Uniknya, setiap kali tumbuh selalu muncul 2 gigi sekaligus yang merupakan pasangan sisi kiri dan kanan. Diharapkan seluruh gigi susu masing-masing 10 gigi pada rahang atas dan rahang bawah akan tumbuh lengkap ketika berusia 2,5-3 tahun.


Unik dan hanya Tuhan sang pencipta yang tahu, setiap  mengapa tumbuh selalu muncul 2 gigi sekaligus & berpasangan…
Apakah karena semua yang ada dimuka bumi ini diciptakan berpasang-pasangan? Walluahu alam….
Begitu sempurna, lengkap dan teliti Tuhan menciptakan.
Maha Kuasa, Maha Bijaksana, Maha Mulia


PAHAMI GEJALANYA
* Rewel, gelisah, mendadak cengeng dan sering terbangun di malam hari.
* Gusi membengkak, terlihat warna putih tepat di bagian gusi yang akan tumbuh gigi.
* Mengeluarkan lebih banyak air liur.
* Demam.
* Sebagian bahkan mengalami diare ringan.

TINDAKAN PERAWATAN:
* Pijatlah dengan lembut gusi yang sedang ditumbuhi gigi dengan jari tangan yang sudah dicuci bersih.
* Berikan mainan khusus untuk digigit-gigit (teether). Pastikan teether tersebut benar-benar bersih dan aman, baik bentuk maupun bahan pembuatnya. Hindari teether yang dilapisi cat, apalagi yang mudah terkelupas.
* Selewat usia 6 bulan, dimana ia sudah tidak mendapat ASI eksklusif, berikan buah yang cukup lunak untuk diisap dan digigit-gigit. Misalnya semangka, melon, atau pepaya yang dipotong-potong sebesar jari tangan.
* Jika bayi tetap rewel sepanjang hari, emoh makan dan minum, serta demamnya berlangsung berhari-hari, segeralah bawa ke dokter untuk penanganan lebih intensif. Dokter biasanya akan meresepkan obat penahan sakit yang aman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar